20 LANGKAH PENTING INSTALL WORDPRESS

wordpress

Mungkin beberapa dari anda masih ada yang kebingungan apa yang harus anda lakukan setelah install wordpress di hosting anda. Dengan melakukan 20 langkah penting ini maka wordpress anda telah siap untuk anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Berikut ini saya sampaikan beberapa hal yang perlu anda lakukan setelah anda melakukan install wordpress anda di hosting masing-masing.

Berikut rangkumannya :

  1. Lengkapi informasi website anda

Di bagian ini anda harus segera melengkapi informasi website anda. Seperti mengisi Site Title dan Tagline. Bagian ini penting anda lakukan, karena dari sinilah google akan mulai mengenali website anda berdasarkan nama website atau tagline yang telah anda buat.

Isi Site title dan Tagline sesuai yang anda inginkan. Dan sebaiknya, Site Title dan Tagline sesuai dengan isi dari website anda.

2. Tentukan WWW atau tidak dengan WWW

Anda bebas untuk menentukan url link website anda, apakah menggunakan www atau tidak menggunakan www di bagian depan depan link website.

Namun pastikan setelah anda menentukan pilihan tadi, lakukan secara konsisten dan terus menggunakannya. Ini dimaksudkan agar google lebih mudah mengenali halaman website anda.

install wordpress
install wordpress

3. Buat Halaman About Me

Ini adala halaman yang menjelaskan siapa pemilik website ini. Selain itu dalam halaman ini juga bisa anda jelaskan tentang project yang anda lakukan dan yang akan anda lakukan.

Sehingga pengunjung bisa mengetahui siapa pemilik website ini. Anda bisa lengkapi dengan biodata singkat anda dan menambahkan foto anda secara jelas.

Baca juga : 50 Template WordPress 2019

4. Buat Contact Form

Tanpa kita sadari, halaman kontak adalah hal yang penting yang sebenarnya harus kita lakukan setelah intall wordpress anda.

Mengapa penting, karena dengan adanya halaman kontak ini, maka pengunjung bisa mengetahui alamat yang bisa dihubungi terutama melalui email.

Selain itu, fungsi dari kontak form ini juga adalah untuk mendapatkan data pengunjung dalam bentuk email, yang bisa nantinya anda gunakan sebagai database pengunjung anda.

5. Buat SiteMaps HTML

Bagian ini kadang sering kita lupakan. Padahal dengan sitemaps html ini, maka google akan lebih  mudah melakukan scrall website kita berdasarkan isi website kita secara keseluruhan.

Anda bisa membuat Sitemaps html ini menggunakan plugin WP Sitemaps Page. Setelah anda install pluginnya, maka anda buat halaman baru dengan nama sitemaps.

Setelah halaman sitemaps anda buat, maka tinggal copykan shortcode nya yaitu

Pages

Posts by category

My Templates

Popups

di dalam halaman tersebut. Maka anda telah membuat halaman yang berisi Sitemaps website anda.

6. Buat SiteMaps XML

Bila anda sudah membuat sitemaps html, jangan lupa untuk membuat juga sitemaps xml.

Ada du acara yang bisa anda lakukan, yaitu dengan menggunakan plugin Google Sitempas xml dan dengan menggunakan YOAST SEO

Anda bisa piliha salah satu plugin saja, bila anda suda menggunakan plugin Yoast SEO maka tidak perlu lagi menggunakan plugin Google Sitemap xml.

Karena plugin ini tidak akan berkerja dengan baik, bila ada 2 plugin dengan fungsi yang sama pada website anda.

7. Submit website ke Google

Ini juga harus menjadi perhatikan anda setelah install wordpress anda.

Segera daftarkan website anda ke Google Search Console. Masukan url website anda kemudian pilih crawl dan pilih sitemaps.

8. Cek Search Engine Visibility

Salah satu keunggulan menggunakan wordpress, adalah adanya fasilitas yang bisa membuat website anda segera di index oleh search engine.

9. Ubah Permalink

Secara default wordpress memiliki permalink seperti ini : http://domainanda.com/2019/10/20/post-anda

Link seperti ini kurang disukai oleh google, karena itu anda harus merubanya menjadi lebih singkat dan mudah diingat.

Silahkan buka menu Setting > Permalink lalu anda pilih menjadi http://domainanda.com/post-anda

10. Atur Homepage

Pada website wordpress ada 2 jenis homepage yaitu Static Page dan Latest post.

Anda bisa pilih salah satu. Static Page biasanya digunakan untuk website perusahaan atau toko online.

Sedangkan Latest post biasanya digunakan untuk website personal atau blog.

11. Install Google Analystic

Dengan menggunakan Google Analystic, maka akan anda mengetahui apa yang dicari oleh pengunjung website anda, halaman mana yang banyak di lihat, dan post mana yang banyak mendapat perhatian dari pengunjung.

Sehingga dengan demikian anda bisa mengetahui sebagian besar tentang karakteristik dari pengunjung website anda.

12. Install Plugin SEO

Dengan menggunakan plugin SEO, maka ini akan memudakan anda dalam membuat post atau halaman sehingga bisa disesuaikan dengan SEO.

Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO yang saat ini merupakan plugin yang terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan traffic website anda.

13. Install Plugin Backup

Ini kadang kita lupa untuk melakukannya. Padahal saat kita sedang melakukan update website, anda harus terlebih dahulu melakukan backup data website anda, sehingga bila terjadi crash, maka anda bisa restore data website anda setelah anda backup terlebih dahulu.

14. Install Plugin Keamanan

Plugin ini juga harus anda pasang pada website anda. Karena ini untuk menghindari dari para hacker atau adanya spam komen yang masuk ke website anda.

15. Install plugin Anti Spam

Plugin ini harus anda pasang pada website anda, karena dengan plugin ini maka anda menghindari website anda dari komentar spam yang sering muncul ke halaman website anda.

16. Install Plugin Caching

Ini adalah plugin yang berfungsi untuk mempercepat loading halaman website anda.

Karena sebagian besar pengunjung website anda meninggalkan halaman website dalam 3-5 menit karena harus menunggung loading website yang lama.

Anda bisa menggunakan plugin Litespeed cache untuk mempercepat loading website anda.

17. Install Plugin Optimasi Gambar

Plugin ini anda butuhkan untuk membuat setiap gambar, atau foto yang anda upload ke website anda memiliki ukuran yang sama dan sesuai dengan akses website anda.

Sehingga ini tidak menjadikan halaman website anda cukup lama untuk loading. Dengan plugin ini maka seluruh gambar yang ada di website anda bisa tampil dengan baik tanpa harus berlama-lama untuk membukanya.

Anda bisa menggunakan plugin Smush sebagai salah satu plugin untuk optimasi gambar di website anda.

18. Hapus Tema tidak Terpakai

Agar proses loading dashboard website anda tidak terlalu lama dan terhindari dari update plugin yang tidak anda gunakan.

Maka sebaiknya Themes yang tidak anda gunakan dihapus secara permanent.

19. Hapus Plugin Tidak Terpakai

Ini juga sama dengan bagian diatas tadi.

Agas terhindari dari adanya update plugin padahal plugin tersebut tidak anda gunakan di website anda, maka sebaiknya plugin-plugin yang tidak anda gunakan di hapus dari daftar plugin di website anda.

20. Upload Gravatar

Lengkapi profile website anda dengan foto profile. Salah satunya dengan menggunakan platform Gravatar di wordpress.

Silahkan login ke wordpress.com dengan akun wordpress anda, lalu upload foto anda dan hubungkan dengan website anda.

Dengan cara ini, walaupun nantinya anda memiliki banyak website, tapi dapat tetap terhubung dengan Gravatar dengan foto yang sama. Sehingga profile anda akan tetap tampil di website wordpress anda.

Itulah rangkuman tentang Langkah Penting Setelah Install Wordpress Anda yang harus anda lakukan.

Kesimpulan

Dengan melakukan beberapa langkah yang telah disampaikan diatas, maka anda sudah bisa menggunakan website wordpress anda secara lebih maksimal.

Sebaiknya setting ini anda lakukan diawal saat pertama kali anda membuat website wordpress anda, sebelum website anda di isi dengan berbagai konten yang anda miliki.

Setela semua langkah diatas anda lakukan, selanjutnya anda melakukan pemeliharaan website anda dengan melakukan update website secara kontinyu dan konsisten.

Bila ada pertanyaan menyangkut website wordpress dan segala masalah tentang wordpress, maka silahkan anda sampaikan melalui kontak di website ini atau dengan mengisi form kontak terlebih dahulu.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.